PANEL SURYA / SOLAR PANEL / SOLAR CELL

SOLAR CELL atau SEL SURYA atau sel photovoltaic, adalah sebuah peralatan semikonduktor yang dirangkai dengan komponen tertentu yang dapat menghasilkan energi listrik dengan memanfaatkan panas dan cahaya matahari. Pengubahan energi yang berasal dari cahaya matahari menjadi energi listrik ini disebut sebagai efek photovoltaic ( PV ).Sedangkan bidang riset yang berhubungan dengan sel surya tersebut dikenal sebagai photovoltaics.

Sel surya dalam bentuk modul ( panel surya ) dapat dipasang di atap gedung / rumah-rumah yang kemudian dihubungkan dengan inverter ke grid listrik dalam sebuah pengaturan jaringan pengukur arus dan tegangan listrik.
Sel surya memiliki banyak manfaat. antara lain untuk menggerakkan pompa air, penerangan jalan (PJU), trafic light, dan teknologi sel surya ini sangat cocok digunakan untuk di daerah terpencil yang wilayahnya belum terjangkau oleh suplai listrik dari perusahaan pensuplai listrik.
Bahkan pemerintah indonesia sendiri terus gencar menggalakkan penggunaan teknologi solar cell ini tdak hanya di daerah-daerah terpencil, tetapi juga di perkotaan yang sudah banyak terlihat pada lampu-lampu penerangan jalan umum ( PJU ), dan riset terus dikembangkan karena pemanfaatannya sangat ramah lingkungan.
Hal tersebut untuk mengurangi ketergantungan penggunaan listrik masyarakat dari bahan migas dan batubara atau bahan lain efeknya yang dapat merusak lingkungan. Dari segi  biaya konsumsi atau pemakaian sel surya ini juga sangat jauh lebih murah jika dibandingkan dengan energi listrik yang menggunakan diesel atau berlangganan pada perusahaan listrik.

Modul solar panel
Sistem kerja solar panel


distributor, general kontraktor and tradding, Solar cell, solar panel, panel surya, solar energy, solar power, energi surya, energi matahari, panel matahari, sel surya, cel matahari, solar water pump, pompa air tenaga surya, pompa penyedot air energi matahari, lampu utama penerangan jalan raya (PJU), tiang pemancang lampu jalan raya, lampu watt rendah untuk penerangan rumah / perumaham, lampu penerangan jalan kampung / perkampungan, lampu rambu lalu lintas, trafict light, lampu hemat energy, lampu AC, lampu DC, lampu mercusuar, inverter, konverter, converter, pengubah arus DC menjadi AC, Aki, charge, ACCU, batteri, Batrei cell, penyimpan arus listrik